Sabtu, 03 April 2010 By: erinz_area
Panduan Guru
Pelajaran Geografi untuk SMA
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Kelas
X
Panduan Guru
Kata Pengantar
Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah menggunakan buku praktik belajar Geografi untuk SMA sebagai bahan acuan dalam pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan ((PPKN) di SMA/MA. Buku ini membantu rekan-rekan mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)) 2006 dan memudahkan serta memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi dan membangun kompetensi mereka di bidang Ilmu Geografi.
Penyajian buku praktik belajar Geografi untuk SMA merupakan upaya untuk merespon Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang menghendaki perubahan pola pikir dan pola tindak dalam pembelajaran perubahan pola pikir berhubungan dengan peran guru dan siswa. Peran guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber atau pemberi informasi, melainkan sebagai fasilitator dan mitra yang memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengembangkan kompetensinya. Perubahan pola tindak dalam pembelajaran berhubungan dengan strategi pembelajaran dan sistem penilaian, di samping itu berkaitan dengan kapasitas siswa sebagai makhluk netral yang senantiasa berinteraksi dengan manusia lain.
Buku Praktik Belajar Geografi untuk SMA/MA dilengkapi dengan berbagai kegiatan, tugas, diskusi, dan studi kasus yang harus diselesaikan dengan variasi penilaian yang disajikan. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi siswa sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
Dalam penyusunan buku ini, kami berusaha menyajikan yang terbaik. Namun demikian, kami menyadari bahwa mesti terdapat banyak kekurangan. Untuk itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik membangun dari para rekan guru.
Jakarta, Januari 2007
Penulis
KTSP
DAFTAR ISI
Kata Pengantar..................................................................................................2
Daftar Isi.............................................................................................................3
Jadilah Guru yang Baik....................................................................................4
Bab I Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).............................5
A. Pengertian KTSP.................................................................................6
B. Prinsip-prinsip Pengembangan KTSP.............................................6
C. Acuan Operasional Penyusunan KTSP...........................................6
D. Komponen-komponen KTSP............................................................7
1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan...............................7
2. Struktur dan Muatan KTSP................................................................7
3. Kalender Pendidikan............................................................................8
4. Silabus.....................................................................................................8
Bab II Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar...............................9
Bab III Silabus................................................................................................11
Bab IV Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).................32
Bab V Kunci Jawaban.................................................................................37
Panduan Guru
JADILAH GURU YANG BAIK
John Milthon Gregory merupakan penulis buku yang terkenal tentang Tujuah Hukum Mengajar. Inilah beberapa petunjuk yang perlu dipersiapkan oleh seseorang guru yang baik.
– Persiapan bahan pelajaran dengan memelajarinya berulang-ulang. Jangan mengandalkan bahwa kita dulu sudah memelajarinya karena apa yang kita ketahui dulu pasti sebagian sudah terhapus dari ingatan kita.
– Carilah urutan yang logis dari tiap bagian dalam pelajaran yang dipersiapkan tersebut. Setiap pelajaran selalu berangkat dari pengertian-pengertian dasar yang sederhana baru ke tingkat pengertian yang tinggi.
– Pelajari urut-urutan yang logis dari pelajaran yang dipersiapkan tersebut sampai terwujud suatu pengertian yang dapat saudara uraikan dengan kata-kata sendiri.
– Carilah analogi atau ilustrasi untuk mempermudah penjelasan fakta-fakta dan prinsip-prinsip yang sulit dimengerti oleh siswa. Khususnya prinsip-prinsip abstrak.
– Carilah hubungan antara apa yang diajarkan dan kehidupan sehari-hari siswa. Hubungan-hubungan inilah yang akan menentukan nilai praktis penerapan dari pelajaran itu.
– Gunakan sebanyak mungkin sumber referensi berupa buku-buku atau bahan-bahan yang sesuai, tetapi pahami dulu sebaik-baiknya sebelum menyampaikan kepada siswa.
– Harap diingat bahwa lebih baik mengerti sedikit, tetapi benar-benar mantap daripada mengetahui banyak, tetapi kurang mendalam.
– Sediakan waktu yang khusus untuk mempersiapkan tiap pelajaran sebelum berdiri di depan kelas. Dengan persiapan matang, kita akan semakin menguasai pengetahuan dan gambara apa yang diajarkan akan semakin jelas.
KTSP
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Panduan Guru
A. Pengertian KTSP
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri atas tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Pengembangan KTSP yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
B. Prinsip-prinsip Pengembangan KTSP
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, serta kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2. Beragam dan terpadu.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5. Menyeluruh dan bersinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
C. Acuan Operasional Penyusunan KTSP
1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia.
2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan.
4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
5. Tuntutan dunia kerja.
6. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
7. Agama.
8. Dinamika perkembangan global.
9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
10. Kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat.
11. Kesetaraan gender.
12. Karakteristik satuan pendidikan.
KTSP
D. Komponen-Komponen KTSP
1. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan.
a. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, penge-tahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
b. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, penge-tahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keteram-pilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
2. Struktur dan Muatan KTSP
Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan ke-dalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu, materi muatan lokal dan kegiatan pengem-bangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.
Kelas Waktu
Semester 1
Komponen
Semester 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Fisika
7. Biologi
8. Kimia
9. Sejarah
10. Geografi
11. Ekonomi
12. Sosiologi
13. Seni Budaya
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
15. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
16. Keterampilan/ Bahasa Asing
B. Muatan Lokal
C. Pengembangan Diri


2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Panduan Guru
3. Kalender Pendidikan
Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyususn kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat dengan memerhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar isi.
4. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran stan–dar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajar–an, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Langkah-langkah pengembangan silabus, adalah
a. mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar;
b. mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran;
c. mengembangkan kegiatan pembelajaran;
d. merumuskan indikator pencapaian kompetensi;
e. penentuan jenis penilaian;
f. menentukan alokasi waktu; dan
g. menentukan sumber belajar.
KTSP
Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
10 Panduan Guru
Bab 2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Standar
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek Geografi.
1.1 Menjelaskan konsep Geografi.
1.2 Menjelaskan Pendekatan Geografi.
1.3 Menjelaskan prinsip Geografi.
1.4 Mendeskripsikan aspek Geografi.
2. Memahami sejarah pembentukan bumi.
2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi.
2.2 Mendeskripsikan tata surya dan jagat
Standar Kompetensi
Kompetensi Standar
1. Menganalisis unsur-unsur Geosfer.
3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka
bumi.
3.2 Menganalisis Atsmosfer dan dampakanya terhadap kehidupan di muka bumi.
3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.

0 komentar: